Sabtu, 26 November 2011

BAHASA SQL – DDL


Materi :  Database, Table, Relationship, Studi Kasus Perpustakaan

MySQL merupakan software sistem manajemen basis data (Database Management System) yang popular. MySQL bersifat open source. Website MySQL www.mysql.com menyediakan informasi terkini tentang MySQL.
Pengelolaan database dapat dilakukan dengan menggunakan perintah-perintah SQL (Struktur Query Language), bahasa yang khusus digunakan dalam basis data relasional.
Perintah-perintah SQL dikelompokkan menjadi :
  1. DDL (Data Definition Language)
DDL berisi perintah-perintah bahasa SQL untuk pembuatan objek database, table, index, pengaturan relationship, dan melakukan perubahan dalam menentukan struktur penyimpanan data.
  1. DML (Data Manipulation Language)
DML berisi perintah-perintah bahasa SQL untuk melakukan manipulasi dan pengambilan data pada suatu basis data, yang mencerminkan operasi dasar dari suatu basis data berupa penyisipan atau penambahan data baru (insert), penghapusan data (delete), pengubahan data (update), dan menampilkan data kembali dalam berbagai cara, gaya dan kebutuhan (select)
  1. DCL (Data Control Language)
DCL berisi perintah-perintah bahasa SQL untuk melakukan pengaturan terhadap keamanan dan pengontrolan basis data.
Keamanan dalam basis data diwujudkan dalam pemberian atau pencabutan hak akses pemakai (user privileges) pada berbagai tingkatan pengguna (admin, supervisor, user) pada akses database, table, dan field. Sedangkan pengontrolan dalam basis data diwujudkan dalam perintah untuk penguncian (lock) suatu data pada suatu simpul saat suatu perubahan dilakukan, mengesahkan (commit) atau membatalkan (rollback) suatu perintah pemasukan data.

User dapat menggunakan MySQL melalui tampilan grafis (GUI) milik Xampp. Dalam GUI user dapat menggunakan perpaduan fitur-fitur siap pakai pada Xampp (GUI) dengan pemberian perintah SQL pada tab SQL (SQL).

1.      Memulai MySQL
Secara default, MySQL diaktifkan dengan user root, host 127.0.0.1, dan privileges all privileges. 127.0.0.1 merupakan IP Address localhost, dimana sistem MySQL berada. Setiap orang dapat mengaktifkan sistem MySQL dengan status user sebagai administrator, hal ini sangat tidak aman.

-       Pastikan pada Xampp Control Panel Application running Apache dan MySQL
-       Membuka browser, dan pada bagian URL ketikkan http://localhost/xampp/
-       Klik phpMyAdmin untuk mengaktifkan MySQL     


bersambung...................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar